Memilih Tempat Menulis

Sebenarnya sebelum pilih menulis di wordpress saya sudah icip-icip berbagai platform yang ada fasilitas tulis menulis.

Sebutlah blogspot, tumblr, notes-nya facebook, dll.

Kenapa akhirnya pilihan jatuh ke wordpress?

Alasannya karena paling praktis dan simpel. Menulisnya bisa pakai aplikasi, untuk blogwalking, ada reader yang bisa menambahkan alamat yang saya suka. Sementara untuk interaksi bila ada yang komen atau balas komen, ada fungsi notif.

Untuk platform lain, saya belum menemukan yang selengkap itu. Nggak tahu kalau suatu saat ada (suka tiba-tiba nomaden hihihi). Ada nggak, ya?

Tentu saja ada pilihan selanjutnya di wordpress, ketika pertama kali daftar : berbayar atau hosting. Yang paling praktis menurut saya masih gratisan hahahaha. Yang lain kan harus isi data gesek kartu atau oprek dulu. Paling untuk membuat alamat jadi lebih singkat saya pakai cara domain forwarding. Lebih murah jatuhnya.

Jadi demikianlah, biaya dan usaha untuk ngeblog inginnya seminimal mungkin. Supaya bisa fokus ke konten, alias tinggal nulis aja. Untuk sementara ini cukuplah demikian. Mungkin suatu saat akan beda lagi.

Niat menghemat, walau kadang kenyataannya…

Saat blogwalking, saya menyadari bahwa komunitas di wordpress sudah cukup tua mature. Karena banyak yang sudah menulis dari sekitar 10 tahun lalu. Bravo.

Bagian kurang enaknya, untuk sistem yang sudah masuk masa mature atau dewasa, bila tidak ada improvisasi baru dari pengembang, pengguna akan mulai merasa jenuh dan beralih ke platform lain atau berhenti. Kedewasaan biasanya berlanjut ke penurunan. Kecuali ada gebrakan atau diversifikasi.

Contoh paling bagus dari platform lama yang berusaha mengembangkan diri terus adalah facebook, yang rajin bikin pembaruan.

Mungkin itu juga sebabnya saat saya berselancar di blog-blog wordpress mulai banyak pengguna yang tidak update lagi pos-pos di blognya. Kalaupun ada, dengan tenggang cukup lama.

Esa hilang, dua terbilang. Bila ada yang hilang ada yang muncul. Saya melihat kemunculan blog-blog baru. Sayang, jumlahnya tidak banyak. Dan masih jauh dari popularitas blog-blog yang sudah lama berdiri alias belum banyak pengikutnya. Eh, ini termasuk saya kali, ya. Hahaha…

Apa yang menyebabkan kamu suka menulis di platform ini? Punya tempat menulis di platform lain?

signature.png

Gambar : pixabay.com, wikipedia.com, devinism.com

Advertisements

3 thoughts on “Memilih Tempat Menulis

  1. Emaknya Benjamin br. Silaen says:

    Aku pakai wordpress dari tahun 2009, sebelumnya pernah coba blogspot, tapi kebanyakan bingungnya, mau masukin foto bingung, masukin linknya bgm, bikin menunya bgm dsbnya, drpd kebanyakan waktu terbuang, ya aku mantap deh pakai wp.com. Pindah ke self hosted sejak 2 tahun lalu. Oh iya waktu dulu ada friendster, aku sempat nulis2 disitu, eh tutup FS nya, hilang semua tulisanku huhu 😦 .

    Liked by 2 people

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.